KRIMINAL, NASIONAL

Tamatan SD Jadi Ahli IT Hingga Nipu Sarjana Hukum Ratusan Juta Rupiah

#tamatanSD #ahliIT #penipuonline

Mantapps.com, Jakarta – Sebut saja Ronal, siapa sangka meski hanya tamatan SD ia bisa jadi ahli IT. Sayangnya dengan keahliannya tersebut, Ronal menjalankan bisnis haram, penipuan online.

Dalam sekali beraksi, Ronal bisa memperdaya korbannya minimal Rp 500 ribu. Terakhir, ia berhasil menipu seorang warga Pangkep yang lulusan Sarjana Hukum sebesar Rp 121 juta dengan modus jualan bibit unggas (bebek) melalui website. Uangnya pun ia gunakan untuk kebutuhan dua istrinya.

Dalam aksinya, ia dibantu dua rekannya, Undru (36) dan Jusriani (28). Meski hanya tamantan SD, Ronal cukup merepotkan bahkan polisi kesusahan melacak keberadaannya.

Selama menjalankan aksinya, baik nomor HP maupun rekening untuk bertansaksi, semua bukan atas nama ketiga pelaku. Mereka mendapatkan rekening ‘bodong’ dengan cara mengupah orang lain untuk membuka rekening dan registrasi nomor HP, lalu ia gunakan dalam beraksi.

Untuk mengungkap kasus penipuan daring ini, Polres Pangkep pun harus melibatkan jajaran Polda Sulawesi Tengah dan Polda Metro Jaya. Pasalnya, pelaku utama diketahui berada di Palu, sementara yang lainnya berada di Bekasi, Jawa Barat.

Sampai saat ini polisi masih terus melakukan pendalaman atas kasus tersebut. Diduga, para pelaku merupakan jaringan penipuan online yang kerap beraksi di seluruh Indonesia.

Contributor: Mantapps

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *